Jumat, 07 Januari 2011

Seberapa berarti hidupmu buat orang lain?

Siapa yang berarti dalam hidupmu? Orang Tua, Sahabat, Pacar, teman?kenapa dia berarti? seberapa besar kau bisa mengatakan dia berarti dalam hidupmu?
BERARTI??????


Saat jari-jari saya beradu dengan keyboard Notebook saya ini, mengetik kalimat demi kalimat dalam Rumah maya ini, dan mata sesekali melirik acara TV Favorit saya, sambil merenungkan seberapa banyak sudah orang lain yang mengatakan saya berarti dalam hidup mereka. Ya Siapa yang tidak mau hidupnya dikatakan berarti buat orang lain? Suatu kata yang sederhana, namun mempunyai pengaruh yang besar dalam kehidupan kita. Tidak bisa saya pungkiri, bahwa dalam hidup saya banyak orang -orang yang berarti dan berpengaruh dalam hidup saya, contohnya saja orang tua! Setiap kita jika diajukan pertanyaan ini, bisa saya katakan hampir 99% diantara kita semua menyatakan bahwa orang tua lah yang paling berarti dalam hidup kita. Jika dipersempit orang tua yang mana AYAH atau IBU??? “Mungkin paling banyak mengatakan IBU?? kenapa IBU? saya juga tidak tau, hehehehe, entah kenapa kata IBU sangat berpengaruh di dalam dunia ini. Bukti nyatanya adalah coba fikirkan apa ada yang dikatakan AYAH JARI? AYAH KOTA? atau AYAH NEGARA? saya yakin pasti semua kita mengatakan dengan keras tidak ada. Namun kenapa sebegitu istimewahnya dengan seorang IBU, sehingga kata IBU digunakan banyak dalam kehidupan kita, contohnya IBU JARI, IBU KOTA, bahkan IBU NEGARA, hahahaha. Bukan ingin membedakan antara seorang AYAH dan IBU, tapi hal ini bisa menjadi bahan renungan kita bersama, mengapa bisa begitu, ada apa dengan AYAH? hihihihih, mari kita fikirkan, dan jawab di komentar,hehehehehehe!!!!

Lepas dari masalah AYAH dan IBU, menjadi berarti buat orang lain merupakan hal yang sulit. Tidak semudah yang kita bayangkan. Namun setiap kita mempunyai kesempatan yang sama untuk dapat berarti buat semua orang yang ada disekitar kita. Bagaimana caranya? Ada beberapa hal yang menjadi kebiasaan saya dapat menjadi berarti buat orang lain, yang menurut saya sederhana, tapi bagi sebagian orang yang mengatakan hal inilah yang menjadikan saya berari buat mereka:

1. Seyum dan Ceria
Hal ini merupakan dua kata yang berbeda namun mempunyai suatu hubungan yang sama. apakah anda tidak pernah senyum? jika ya, dapat saya pastikan anda merupakan orang yang tak akan pernah menjadi berarti buat orang lain. Mengapa? karena senyum merupakan cara yang ampuh bahkan bisa dikatan Virus terbaik yang dapat mempengaruhi orang lain, untuk mengatakan senyuman kita sangat berarti buat mereka! Cara lain adalah ceria, dimana kecerian kita dapat membuat orang lain merasa nyaman dengan keberadaan kita. Hal ini yang paling banyak saya lakukan, sampai-sampai jika sahabat-sahabat saya melihat saya tidak tersenyum, atau tidak ceria sebentar saja, pasti mereka mendapatkan saya bersedih, atau dalam masalah, sebegitu besar mereka merasa kehilangan saya. hahaha….( terlalu pede). Namun pada intinya, Terseyum dan Cerialah selalu buat orang lain, maka dapat dikatakan anda mendapatkan jalan supaya hidup anda berarti buat mereka.
2. Sensitif
Wah….. mengapa sensitif???? eeeeeeitssssssssssss jangan berfikir yang aneh-aneh dulu. Sensitif yang saya maksud adalah “PEKA”. Ya peka, kenapa kita harus peka? dan terhadap siapa saja kita harus peka, dan kenapa kepekaan itu bisa buat kita berarti buat orang lain? Siapa diantara kita yang tidak ingin jika orang lain mau merasakan apa yang sedang terjadi dalam hidup kita, baik saat kita dalam masalah, bukan hanya ketika kita dalam bahagia saja. Lebih berarti lagi jika kita dapat langsung peka merasakan apa yang orang lain sedang alami tanpa mereka memberi tahu kepada kita jika mereka dalam masalah atau sedang sakit dan kita dapat memberika sedikit solusi dan masukan terhadap masalah mereka. Hal ini sering kali saya rasakan terhadap orang tua, dan sahabat-sahabat saya , yang membuat hidup saya lebih berarti buat mereka.
3. Menjadi motivator
Siapa yang tak kenal dengan Mario Teguh! Ya dia merupakan motivator yang terkenal, yang kata-katanya, banyak mempegaruhi kehidupan seseorang. Setiap kita pasti ingin berpengaruh buat orang lain, tentunya merupakan pengaruh yang positif. Menjadi seorang motivator tidaklah mudah, namun tidaklah juga sulit. Tergantung bagaimana kata-kata kita dapat memberikan spirit buat orang lain dapat berfikir positif, bahwa setiap kehidupan kita selalu ada harapan .
“MASA DEPAN SUNGGUH ADA DAN HARAPANMU TIDAK AKAN PERNAH HILANG” (Sang Pembawa Damai)
Seringkali orang lain datang kepada saya, bercerita,tentang apa yang mereka alami, istilah anak sekarang “CURHAT” alias CURahan HAti (hehehehehe). Bisa saya katakan hampir semua isi dari curhatan mereka adalah masalah. Ya masalah merupakan momok yang paling ampuh membuat orang lain dapat mengatakan kita berarti. Kenapa??? Karena tidak semua orang dapat kesempatan dapat mendegarkan apa yang mereka alami. Intinya hanya orang -orang tertentu saja yang dapat mereka percaya untuk mendengarkan masalah mereka, dan berharap ada sedikit solusi dan MOTIVATOR dari kita agar mereka dapat terus maju menghadapi masalah tersebut. Bagaimana caranya anda dapat dipercaya orang lain? jawanbanya gampang, jadilah motivator buat orang disekitar anda.
Mungkin Cuma cara ini yang sering saya lakukan dalam kehidupan saya, yang dapat membuat saya berarti buat orang lain. Khususnya buat sahabat-sahabat saya, karena mereka adalah saudara terdekat saat-saat ini (Secara saya sekarang kulia, cukup jau dari orang tua, Ngekost pula, hehehehe). Suatu indikator yang jelas, bahwa anda sangat berarti buat orang lain adalah jika anda tidak ada diantara mereka, mereka akan merasa ada yang “kurang”. Seperti salah satu iklan ROKOK di TV yang mepunyai slogan:
“GAK ADA LOE, NGAK RAME”, hehehehehehehe
Nah.. Gemana???? sudah berarti kah anda buat orang disekitar anda? atau malah menjadi orang yang tak berarti buat mereka? hehehehe, Cuma anda yang dapat menjawabnya….!!!! Kiranya apa yang saya postingkan ini, dapat sedikit memberikan motivasi buat anda, bahwa banyak orang lain yang mebutuhkan anda,untuk selalu berkata yang baik sesuai apa yag diajarkan DIA Sang Pembawa Damai.


0 komentar:

Posting Komentar

Template by:

Free Blog Templates